MySQL Error & Can not start

Sekitar pkl 8.30 WIB saya dibangunkan dengan telepon tiba-tiba terdengar suara "WEB ORDER SERVER tidak jalan" weleh.... sempat panik padahal malam sebelumnya baru selesai di test dan tidak ada masalah. Di test satu persatu ternyata Apache Server Hidup, MySQL Server hidup. Anehnya saat login ke user page browser hang, server not reply. Ada apa yaa..... Segera saya mandi dan menuju ke kantor Essilor (beruntung jarak penginapan hanya 5 menit jalan kaki). Ya benar, setelah saya cek kondisi services Apache dan MySQL masih dalam status running. Betapa terkejut ketika saya buka MySQL Administrator dan phpMyAdmin tiba muncul pesan (Errcode: 28) wow... table di database tidak bisa saya akses. Saya pun melakukan trace back aktifitas tadi malam. Malam sebelumnya yang saya lakukan
  1. Background Proses import CVS file dari Server Lab Essilor ke server WOS, schedule setiap 1 jam.
  2. Background Proses import CVS file dari Server Gudang Essilor ke Server WOS, schedule setiap 30mnt
Dalam asumsi saya mungkin terjadi memory leak atau crash DB file pada saat melakukan query, soalnya kedua proses itu bisa mencapai 500.000 (mungkin lebih) query permenitnya (dalam satu kali eksekusi). Akhirnya saya coba repair table (myisamchk) dan lakukan restart server. Apa yang terjadi saat server hidup sungguh mengejutkan MySQL tidak mau hidup dan setiap kali saya paksakan untuk start muncul pesan error
InnoDB: Unable to lock ./ibdata1, error: 11 InnoDB: Check that you do not already have another mysqld process InnoDB: using the same InnoDB data or log files.
Waduh... semakin lama saya semakin panik.... dengan asumsi diatas tadi, akhirnya saya drop databasenya dengan harapan akan merestore backup file. Saya pikir databasenya tidak berhasil di repair. Ketika lihat di manual MySQL aduh betapa bodohnya kalau dalam keadaan panik, yang bisa di repair hanya table Engine MyISAM saya lupa kalo Engine yang saya gunakan adalah InnoDB. Maka semakin paniklah saya.... dengan berbagai cara mengutak atik file my.cnf dan terus berupaya start MySQLd secara paksa tiba-tiba muncul pesan berikut:
080812 10:38:39 InnoDB: Started; log sequence number 1 3473883535 /usr/libexec/mysqld: Disk is full writing './mysql-bin.000050' (Errcode: 28). Waiting for someone to free space... Retry in 60 secs
Weleh..... ternyata.... itu toh... setelah periksa #: df Use% = 100% Astaga.... Pantas saja selalu error saat di start... saya pun mengubah config datadir ke partisi lain, awalnya datadir secara default lokasinya /var/lib/mysql (Slackware Default) dan kebutulan partisi HDD cuman 20GB. Setelah di moving dan start akhirnya berhasil... Masalah sekerang kenapa ya Databasenya bisa sampe 15GB ????? itu yang perlu di selidiki sekarang... yang penting sekarang ini Servicesnya jalan dulu...

Komentar

  1. brp dp buffer hdd? ofor pakita jo tu hdd pas for mo bekeng cache squid, jarang2 mo dapa le 20GB skr :D

    BalasHapus
  2. Doh dia pe HDD sebetulnya 140GB mar waktu papah iwan ada mo install kita bilang mount / 20GB jo kong sisanya mount di /home abis itu so lupa moving config ke /home hehehehehe iniliah akibatnya disk usage sampe 100%

    BalasHapus

Posting Komentar