IRC untuk pemula menggunakan mIRC

Mungkin ini terasa aneh buat mereka yang sudah lama didunia ini, bahkan ada yang berkata-kata dalam hati "IRC??? udah ndak zamannya lagi." Masa sih ??? menurut saya rasanya masih sangat bermanfaat, apalagi kalo ditinjau dari kelebihan dan kekurangannya setiap tipe messenger (IRC, Yahoo, ICQ dll) semua tergantung fungsi dan kebutuhan. Alasan utama IRC kenapa saya masih memilih IRC yaitu; mudah digunakan, berjalan baik walaupun bandwidth pas-pasan, bisa lebih privasi (internal server), fiturnya hampir lengkap, dapat dijalankan hampir semua OS dan semua IRC client, tidak tergantung server terentu (kalo punya server sendiri hehehe), mudah untuk conferences dalam arti lebih mudah membuat room walaupun tetap ada keterbatasannya Ok, langsung saja. Artikel ini ditujukan khusus untuk mereka yang baru mengenal IRC. Jadi apa itu IRC ? IRC = Internet Relay Chat, lebih jelasnya boleh klik deh tanya sama Om WiKi. Saat ini kita hanya membahas ruang lingkup menggunakan IRC Client (khususnya mIRC dan OS Windws XP/2003/Vista) mulai dari Download, Installasi, Konek ke Server, Join Room dan berinteraksi. Lets, Start
  1. Download IRC Client => mIRC di http://www.mirc.com/
  2. Save ke harddisk kemudian install jika download telah selesai
  3. Jalankan mIRC yang sudah terinstall kemudian masukkan informasi pada Window Dialog Option :
    • Fullname = Nama Lengkap
    • Email Address = Email
    • Nickname = nama yang akan digunakan saat chating (tidak boleh ada spasi atau karakter lain, selain huruf dan angka)
    • Alrternatif = nama lain apabila nickname sudah digunakan orang lain
    Setelah itu klik OK. Untuk memunculkan mIRC Option ini tekan Alt + O.
  4. Selanjutnya lakukan koneksi ke server dengan cara ketik pada status textbar: /server irc.dal.net (enter)
  5. Tunggu sampai tersambung dengan server, jika sudah lanjut dengan join ke room (channel). Masukkan nama room diawali dengan tanda '#' contoh: #myoom Kemudian klik join. Atau ketik pada TextBar : /join #myroom (enter)
  6. Setelah join di room anda dapat berinteraksi dengan user di dalam, atau dapat melakukan private messeges (PV) dengan cara : /query nickname pesan anda disini (enter) Contoh : /query puitis hi apa kabar ? (enter)
  7. Anda dapat mengganti nickname walaupun sedang ada dalam room maupun pv, caranya ketik: /nick nicnamebaru (enter) Contoh: /nickname stieven (enter)
  8. Untuk keluar dari room (tanpa disconnect) ketik: /part #namaroom (enter)
  9. Untuk keluar dari server (disconnect) ketik: /quit atau /exit sekaligus menutup mIRC

Komentar