Admin Fan Page Facebook "MANADO" (ORANGMANADO) mencuri karya orang

Adalah Admin Fan Page Facebook "MANADO" (ORANGMANADO)
http://www.facebook.com/orangmanado
yang belakangan diketahui memiliki nama Robert Nixon Purukan (RNP), Warga Sario dan Kuliah di salah satu Universitas Negeri Manado. Halaman facebook yang dikelolanya sudah mencapai 128,000 fans like namun setelah ditelusuri konten yang digunakan untuk menarik audience adalah konten ilegal, dikerenakan menggunakan konten foto karya orang tanpa ijin bahkan menghilangkan/mengganti atribut asli dari foto.

Puncaknya, kejahatan orang ini terungkap pada malam 19 Mei 2012, berawal dari upload foto (dibawah) ini, Aslinya foto ini di kirim eksklusif untuk http://www.facebook.com/manadomantap (pengelola nya admin Twitter @ManadoKota & @KotaManado)
Click for Enlarge
Tak lebih dari 5 menit saya melihat foto yang sama di Upload oleh RNP di fan page "MANADO" namun fotonya sudah di edit dengan menghilangkan watermark yang saya berikan pada foto. Saya mencoba memberikan komentar dengan sindiran supaya minta ijin, dan kalau bisa atributnya seperti watermark atau sumber (kredit fotografer) jangan dihilangkan.

Bukannya di response malah komentar saya di remove :D

Setelah beberapa saat saya mencoba mengklarifikasi bahwa foto originalnya adalah milik saya, kembali komen saya di remove

Beberapa teman-teman saya yang ikut melihat mencoba memperingatkan supaya jangan asal posting tanpa ijin, komentarnya juga di remove. Sang Admin hanya ingin pagenya di komen yang POSITIF/BAGUS padahal admin sendiri pribadinya BURUK dan tidak punya ETIKA (kasian para fans). Kalau saya fans page ini SAYA MERASA DITIPU... (anehnya memang kebanyakan lebih suka di tipu).

 TROMPET Perang dari sang admin RNP ditiup dengan memblokir / banned akun facebook saya dari halaman fan pagenya. Saya pun berusaha dengan beberapa bantuan teman-teman, dan di dapati ternyata begitu banyak foto-foto yang dibajak, termasuk satu foto dibawah ini adalah milik saya yang dibajak
Foto ini dibajak oleh NIXON PURUKAN, seri foto ini sebelumnya sempat saya sertakan pada lomba  foto yang diselenggarakan oleh camera.co.id.
 Lebih jauh lagi kami melihat isi album foto-fotonya semakin banyak konten ILEGAL! dan ujung-ujungnya semua teman-teman saya juga di banned oleh si admin RNP. Ketua Pewarta-FOTO Andreas E. T. Dani memberikan peringatan keras dalam komentar foto, beberapa saat kemudian foto saya tersebut diatas tadi di remove oleh sang admin.

Sangat disayangkan 128,000 fans ditipu oleh seorang RNP yang menggunakan karya orang lain tanpa ijin, untuk kepentingan pribadinya. Akan lain ceritanya kalau minta ijin lebih dulu, paling tidak jangan merubah atribut2 yg ada dalam karya. Semoga ini menjadi pelajaran.

Komentar

  1. Agar lebih gentle, admin (RNP) FanPage Manado itu minta izin dulu dari fotografer atau jangan menghapus watermark yang ada di foto tersebut agar penikmat foto tersebut tahu siapa yang mengambil foto... Atau jangan-jangan si admin (RNP) tersebut berpikir bahwa foto yang dia copas dan dihapus watermarknya itu juga adalah hasil copas dan kemudian diberi watermark :)

    Usul : Mungkin sebaiknya dibicarakan secara baik-baik antara kedua pihak, kan sama-sama tinggal di manado. Kecuali memang beliau tidak bersedia dibicarakan baik-baik, berarti coba cara yang lebih elegan untuk mengatasinya.

    Salam dari sama-sama Orang Manado :)
    Pakatuan Wo Pakalowiren.

    BalasHapus
  2. Memang sebenarnya harus menghargai karya orang lain dan patuhi aturan, tidak ada kata2 lain.

    BalasHapus
  3. Menggunakan milik orang tanpa izin adalah salah, menghapus watermark foto milik adalah tak beretika, dan ngeyel ketika ditegur itu adalah tidak bermoral. #sekian

    BalasHapus
  4. Ternyata si admin FB Manadopage ini mo cari nama terus, falsafah si tou timou tumou tou nyanda dia pake nih. Harusnya kase credit atau apresiasi kepada yang punya foto apalagi orang Manado sandiri. Sabaar jo :) Orang pasti tahu mana yg benar

    BalasHapus
  5. Gini mas, ajukan keberatan ke facebook. pelanggaran atas kekayaan intelektual (DMCA) ke facebook terhadap fanspage tersebut dan nantinya konten atau fanspagenua bisa hapus, informasi bisa dibaca di http://www.facebook.com/legal/copyright.php. semoga bisa membantu. salam anget.

    BalasHapus
  6. oh da tamba lagi kbobrokan admin nya ya...saya salah stu yg perna mengkritik starus admin tapi komentar saya di hapus. .pd akhirnya saya mengkritik admin lewat tribune manado karena acount saya di blok tapi kali ini da bisa sama seperti kritik ku di foto ini
    kali ini http://m.facebook.com/photo.php?fbid=10150941035613590&id=93000193589&set=a.175786858589.124570.93000193589&p=10&refid=13
    oh ia.....setau saya admin nya berinisial YP..
    cs dgn mudah di tebak dari cara dia berinteraksi. .....JANSEN PURUKAN inilah admin nya.....atau staf admin..

    BalasHapus
  7. http://m.facebook.com/photo.php?fbid=10150941035613590&id=93000193589&set=a.175786858589.124570.93000193589&p=10&refid=13

    BalasHapus
  8. hormatilah karya cipta orang lain dengan mencantumkan sumbernya

    BalasHapus
  9. Tadinya saya tidak akan berkomentar.. tetapi kelihatannya ini sudah kelewatan...

    seharusnya akun yang seperti itulah yang harus di hack , untuk peringatan yang setimpal atas perbuatannya..

    BalasHapus
  10. Parah juga yah orangnya... ckckckck...
    Kayaknya sang admin ngga punya camera buat ngambil gambar sendiri tuch.. wkwkwkwk ;)

    BalasHapus
  11. Wah...parah deh...saya termasuk fans nya. Kalau sudah tidak menghargai hasil karya orang lain, lebih baik unlike aja.

    BalasHapus

Posting Komentar