Facebook dan Mobile Device Anda

Apa pendapat anda dari judul halaman blog ini ? "Facebook dan Mobile Device anda". Pasti banyak pendapat dan asumsi yang beragam. Pada kesempatan ini saya hanya ingin membagini opini saya hubungan Facebook dan mobile device anda, dikarenakan beberapa waktu terakhir ini banyak Vendor handphone dan provider phonecell mengiklankan produk mereka menggandeng nama Facebook untuk menonjolkan produk mereka, ya karena saat ini facebook sedang jadi primadona.

Apa sih facebook itu ? Facebook ada situs jejaring sosial yang saat ini sedang populer dan dapat di akses di www.facebook.com. Salah satu fasilitasnya adalah disediakan dalam versi mobile yang dapat diakses lewat mobile device (handphone misalnya). Nah, mungkin karena fitur ini sehingga Vendor handphone dan operator phonecell sering mengiklankan "Bisa internet, chatting, YM, Facebook dll".

Saat anda memilih produk berhati-hatilah, jangan termakan kata-kata iklan, yang perlu diperhatikan adalah fungsi dan fitur. Mobile device generasi sekarang hampir semua memiliki kemampuan yang sama untuk akses internet, jadi soal chatting, Yahoo! Messenger, Facebook, Plurk dan lainnya itu hanya sebuat kontent tentu saja jika mobile device anda sudah bisa akses internet anda bisa membuka kontent tersebut.

Akses internet mobile device bisa melalaui; GPRS, 3G, dan WiFi bahkan ada pula yang dapat diakses dengan Bluetooth. Akses GPRS dan 3G umumnya harus lakukan aktifiasi ke Provider Phonecell, anda dapat mengikuti petunjuk sesuai dengan provider yang anda gunakan atau hubungi customer servicenya. Sedangkan untuk akses lewat WiFi tentu saja anda harus mencari area yang biasanya di kenal dengan HotSpot. Hotspot bisa di mall, kantor, rumah atau dimana saja yang menyediakan akses lewat WiFi.

Mobile device apa yang cocok untuk akses internet ? tentu saja tergantung kebutuhan anda. Untuk anda yang bisa akses internet lewat PC/Laptop lebih sering dari pada akses lewat mobile rasanya sedikit boros jika anda memaksa membeli mobile device yang fitur di fokuskan untuk internet, karena kenyataannya anda lebih sering menggunakan internet lewat PC/Laptop anda. Memilih fitur yang ditawarkan setiap produk harus anda perhatikan dengan teliti dan harus tepat sesuai dengan fungsi dan kebutuhan anda. OK saat ini saya fokuskan untuk akses ke facebook, dengan asumsi mobile device yang digunakan bisa akses internet baik itu GPRS, 3G ataupun WiFi.

Facebook dapat diakses lewat versi mobilenya di http://m.facebook.com/ fitur ini dapat dibuka oleh semua mobile device, ya tentu saja mobile device yang bisa akses internet sudah memiliki browser interne. Oh ya, untuk mobile device sekelas SmartPhone anda bisa menginstall browser favorit anda untuk versi mobile seperti Internet Explorer, Opera Mini, Apple Safari dan lainnya. Untuk beberapa mobile device harus menggunakan browser bawaan yang sudah ada. Fitur mobile facebook ini tampilannya dibuat seminimal mungkin mengingat kemampuan browser mobile device yang terbatas, yang tidak memungkin hasilnya sama seperti mengakses fitur utama www.facebook.com seperti yang diakses lewat PC/Laptop. Walaupun demikian anda masih bisa mengakses fitur seperti yang ada pada halaman utamanya, misalnya update status, upload photo, kirim komentar dan lain-lain (Tag Foto yang kayaknya tidak bisa hehe..hehe..).

Secara keseluruhan ketika anda mengakses facebook, fitur yang ada di halaman utama dan versi mobilenya adalah sama, yang membedakan adalah hasil tampilannya (view). Kalau anda menginginkan tampilan yang menarik tentu saja jangan menggunakan mobile device, gunakan PC/Laptop. Sekali lagi, yang kita akses adalah sebuah kontent jadi tujuan kita mengakses kontent seperti facebook tujuannya apa? informasi atau tampilan grafik. Jika tujuan anda untuk grafik jangan gunakan mobile device. Akses internet lewat Mobile device memiliki biaya lebih mahal dan umumnya di hitung dengan quota byte (satuan data) yang digunakan. Makanya fitur-fitur halaman versi mobile seperti facebook (http://m.facebook.com) dibuat seminimal mungkin, selain mengikuti kemampuan mobile device juga untuk menyediakan konten dengan ukuran data yang minimal pula (supaya hemat biaya internetnya :p).

Nah sekarang produk apa yang cocok buat anda ? Jika anda lebih sering menggunakan internet lewat mobile device tentu saja mobile device sekelas Smartphone akan memberikan kepuasan buat anda, dikarenakan Smartphone ini hampir setara dengan "Laptop Kecil" memiliki beragama aplikasi yang dapat di install sesuai dengan selera. Sedangkan untuk anda yang lebih sering menggunakan internet lewat PC/Laptop mungkin mobile device yang penting bisa akses internet sudah cukup (seperti saya sudah merasa cukup dengan SE K510i).

Terus bagaimana bisa membedakan Mobile Device Smartphone atau bukan ? Smartphone biasanya memilik OS seperti Microsoft Windows CE Mobile (sekarang bukan cuma Windows Mobile, bahkan ada linux, Google android), aplikasi dapat diinstall sefleksible mungkin. Fitur-fitur Smartphone hampir sama dengan sebuah laptop. Sedangkan untuk mobile device yang tidak dikategorikan smartphone umumnya semua aplikasi sudah di bundle dan tidak bisa di utak-utik, menginstall aplikasi pun terbatas harus sesuai dengan tipe dan versi mobile device yang sedang digunakan dan umumnya menggunakan sisem operasi sembian.

Kalau anda kurang setuju dengan opini saya, atau ada informasi yang berkaitan silahkan isi di komentar. Salam, Be Smart.... Jangan mau kita dibodohi terus

Post from Mobile Device I'm Using SE K510i

Komentar