Merge HDR dengan Photoshop


Teknik HDR (High Dynamic Range) dalam dunia fotografi memberikan sentuhan berbeda dari hasil foto. Kapan kita menggunakan HDR? HDR sebetulnya adalah teknik yang digunakan saat kita ingin mengambil objek dengan "extreme detail" kenapa saya katakan "extreme detail"? karena dengan HDR kita bisa memanipulasi shadow dan highlight object dan menjadikannya lebih detail.

Untuk membuat photo HDR tentu saja kita juga tidak bisa mengabaikan estetika photography, dalam artikel ini saya hanya membahas bagaimana membuat HDR dengan software Adobe Photoshop CS4 dengan harapan anda yang membaca artikel ini sudah mengerti atau sudah pernah membaca tentang teknik dan istilah photography. Pertama kita siapkan beberapa foto dengan Exposure Value (EV) yang berbeda umumnya photo dalam EV -1 0 +1 dalam sample ini saya menggunakan 5 buah foto dengan EV -2 -1 0 +1 +2
EV -2

EV -1

EV 0

EV +1

EV +2

Mungkin ada yang bertanya bukannya dengan 3 photo EV -1 0 +1 sudah cukup? dalam kondisi tertentu memang 3  photo sudah cukup begitu juga dari objek photo saya diatas dengan EV -2 0 +2 saja sudah cukup. Tapi dalam kondisi ini saya menginginkan beberapa detail jadi saya putuskan untuk menggunakan 5 buah photo. Perhatikan gambar berikut:

Lihat daerah yang saya tandai, itu adalah daerah highlight & shadow (bandingkan 5 photo diatas agar bisa terlihat bagian yang saya mark). Setelah photo disiapkan, jalankan Photoshop CS4 anda, buka semua photo dan klik menu File > Automate > Merge to HDR

Kemdian klik "Add Open Files" dan tunggu proses dari Photoshop. Setelah itu atur Exposurenya dengan memperhatikan shadow dan highlightnya

Pada kondisi tertentu kita harus mengcopy/paste dari photo original (pilih salah satu) untuk mengcover daerah under exposure dan overexposure, dalam kasus photo diatas hasilnya adalah under exposure jadi saya mengcopy photo 4 & 5 ke photo yang di merge HDR kemudian melakukan masking untuk menghapus daerah-daerah under-over exposure (gunakan imajinasi anda).

Selanjutnya lakukan koreksi dengan menggunakan adjustment Color Balance, Selective Color, Curves/Level. Untuk mempertegas bisa juga tambahkan Vibrance.

Untuk sentuhan akhir agar memberikan kesan dramatis bisa anda tambahkan filter High-Pass dan Blending Layernya gunakan Overlay. Tambahkan juga filter Sharpen jika diperlukan


Komentar