Tips: bikin bokeh (blur) dengan Photoshop

Kali ini saya berbagi tips bagaimana membuat efek blur atau sering disebut dengan istilah BOKEH pada foto. Efek bokeh ini biasanya digunakan untuk mengisolasi objek dibelakang (background) yang tidak memiliki interest. Umumnya dalam dunia fotografi teknik ini difoto dengan menggunakan lensa khusus yang memiliki bukaan aperture besar, biasanya mulai dari bukaan 2.8 sampai 0.5 (bukaan aperture angka kecil = bukaan besar). Dan sebaiknya sebelum memulai teknik ini anda harus mengerti dulu tentang DOF (Depth of Field).

Sebelum di retouch BOKEH

Sesudah di retouch bokeh

Ok jika anda sudah mengerti tentang DOF, dan tidak miliki lensa dengan aperture bukaan besar Bokeh bisa diakali dengan software seperti photoshop. Dan pada artikel ini saya akan memberika tips bagaimana membuat efek Bokeh dengan photoshop..



Visit Sleki Group IT Consultant Official Web here

Jalankan software photoshop anda dan buka foto yang akan di buatkan bokeh.
Catatan yang harus diingat adalah prinsip DOF, jadi pastikan foto anda antara objek depan (foreground) dan objek belakang (background) memiliki jarak yang signifikan. Sangat tidak dianjurkan untuk foto yang objek-objek sejajar posisinya, kecuali anda sudah benar-benar menguasai tentang teori dari DOF.
Lakukan duplicate layer lewat Menu  > Layer > Duplicate Layer... kemudian klik OK


Selanjutnya (pastikan dulu layer yang aktif adalah layer Duplicate) klik Menu > Filter > Blur > Lens Blur


Sesuaikan Nilai-nilai focal distance, Radius dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan anda kemudian klik OK


Setelah ini gunakan ERASER TOOL (tekan E) hapus daerah yang tidak akan dijadikan efek bokeh, dan harus selalu ingat teori dari DOF.

Saat melakukan ERASER (masking) anda harus menentukan dulu titik fokus anda didaerah mana. Kemudian hapus daerah-daerah mulai dari daerah fokus sampai daerah yang dirasa tidak perlu efek bokeh
Gunakan option Opacity Tool untuk memaksimalkan proses masking anda ini.

Bagi anda yang ingin foto anda tampil lebih kreatif dan elegan bisa dapatkan Photoshop Action disini http://www.sleki.org/blog/photoshop-action/ hanya dengan satu kali klik foto anda jadi lebih menarik hasilnya seperti sebuah foto karya seorang professional



Komentar