Twilight Romance at Manado Bay

"Twilight Romance at Manado Bay", kalimat yang saya pilih untuk momen yang saya abadikan dalam foto pada hari Senin 12 Desember 2011. Berawal dari pukul 16.00 WITA ketika itu istri ku menelepon untuk menjemputnya di tempat dia kerja, selang beberapa menit kemudian salah satu client yang menggunakan aplikasi yang saya kembangkan menelpon ada sedikit masalah yang perlu saya perbaiki. Segera saya bersiap untuk berangkat menuju lokasi client saya. Tunggangan setia saya, sepeda motor matic generasi pertama Yamaha di Indonesia NOUVO saya hidupkan dengan sesaat menatap ke atas langit, tiba-tiba insting saya "berkata" mending siapkan gear kamera. Saya pun kembali ke dalam rumah dengan menyiapkan beberapa gear kebutuhan landscape fotografi. 16.10 saya pun berangkat dan 15 menit kemudian sudah tiba di lokasi client saya, SeaPearl Manado Ruko MegaSmart kompleks Megamas Manado.


SeaPearl manado adalah toko yang menjual peralatan selam, bagi mereka yang senang menyelam bisa ke tempat ini untuk mendapatkan peralatan selam favorit. Setibanya saya parkirkan sepeda motor saya tepat di depan SeaPearl, dari luar toko saya melihat didalam ada rekan saya Toar Pantouw fotografer spesialis bawah air (under water) karya-karyanya sering membuat saya tertegun, saya menelepon istri memberitahukan bahwa saya tidak bisa menjemputnya, sebaiknya langsung ke SeaPearl nanti sesudahnya kita pulang bersama. Setelah menyelesaikan pekerjaan saya, kami pun mengobrol sebentar, beberapa saat kemudian tepatnya pukul 17.35 saya melihat keluar, keliatannya sunset hari ini akan sangat luar biasa, segera saya mengambil kamera dan menuju ke tepi pantai yang jaraknya kira-kira 25 meter dari SeaPearl. Dibelakang saya Jodha Tindas rekan saya yang juga fotografer bawah air membawa kamera untuk ikut mengabadikan sunset, tiba-tiba saya sadar, tripod ketinggalan di SeaPearl, saya pun berlari kembali untuk mengambil tripod kesayangan.

Setelah tripod diambil, tepat di tepi pantai MegaSmart, seluas mata memandang di teluk Manado warna langit mulai menunjukan keajaiban yang luar biasa, dalam setiap detik yang berjalan, seirama dengan detakan jantung, tekstur awan, warna-warni di langit dan laut mengalami perubahan yang luar biasa indah. Langsung saja saya menghidupkan kamera dan mengambil foto pertama momen itu.


Dan terdengar dibelakang saya, "Wow... langitnya keren" beberapa kendaraan yang lewat menyempatkan waktu untuk berhenti menikmati keindahan sunset hari ini. Saya hanya tersenyum dan melanjutkan mengambil foto berikutnya


Sambil mengehela napas dalam benak saya... "Amazing GOD" sunset hari ini benar-benar luar biasa, kembali saya melihat ke langit... WOW... masih ada yang luar biasa.... tekstur awan yang membentuk kuda yang berlari , segera kamera saya arahkan ke awan itu


Tiba-tiba istriku sudah ada dibelakangku, katanya, "bagus ya sunset hari ini". Saya tersenyum dan melanjutkan mengambil gambar, dengan berpindah beberapa meter ke kiri saya ingin mengabadikan sunset yang luar biasa ini dan icon Sulawesi utara pulau manado tua ikut masuk dalam frame foto


Beberapa meter di depan saya, tepat di batas pantai, rekan saya Toar dan Jodha juga asyik mengabadikan sunset ini, saya bermaksud berpindah tempat bersama-sama dengan mereka. Tapi sebelum melangkah, seperti kebiasaan setiap mengambil foto sunset, ada beberapa saat saya membalikan badan melihat warna langit dibelakang (sebelah timur)... dan perlu diketahui... warnanya tidak kalah indah dengan di barat.

Versi Black-White nya klik disini
Sungguh indah memang sunset hari ini (12 Des 2011), tepat di sebelah kiri dan belakang saya beberapa kendaraan juga ikut berhenti menepi ikut menikmati keindahan matahari terbenam di Teluk Manado


Beberapa kali tedengar di telinga saya ungkapan "Keren...", "Mantap..." dari rekan saya Toar dan Jodha, setiap menit berlalu.. warna sunset semakin "menggila", diujung horizon saat matahari mulai tidak terlihat terhalang daratan dikarenakan saat ini posisi matahari agak condong ke selatan, warna awan dari cahaya matahari yang terbias terlihat mengagumkan. Dana saya sudah berada di depan Toar dan Jodha :)


Perlahan matahari mulai tenggelam di ufuk barat, sisa-sisa warna jingga masih terlihat di kejauhan. Beberapa orang yang tadinya menikmati warna yang menakjubkan mulai melanjutkan perjalanan mereka. Bagi saya sekarang adalah momen yang berharga, dalam seni fotografi ini yang disebut dengan "Magic Hour". Waktu inilah gradasi warna yang indah akan terekam dalam foto. Warna kebiruan di bagian atas bersatu dengan warna jingga.


5 sampai 10 menit kemudian, warna ungu dan magenta mulai keluar akibat rentang panjang gradasi jingga dan biru


Dan 30 menit selanjutnya, masuk ke rentang waktu yang dikenal dengan "Blue Hour", matahari benar-benar tidak terlihat lagi dengan kasat mata, tapi langit masi terlihat biru. Sambil terus bercanda, istri saya, Toar, Jodha dan beberapa Crew SeaPearl kami mengabadikan bersama momen Blue Hour di lokasi itu dengan sedikit main-main teknik fotografi long exposure (Slow-Shutter/Slow-Speed)


Iniliah satu bukti, Boulevard Manado (Teluk Manado) begitu dicintai Masyarakat Manado. Tidak perlu heran jika ditemukan banyak orang bersantai di sepanjang tepi Pantai Teluk Manado (Pantai Boboca, Pantai Malalayang, Bahu Mall, Mantos, Megamas, Marina Plaza). Terutama untuk pasangan kekasih, bagi mereka inilah tempat romantis yang tidak perlu biaya mahal. Besar harapan saya pemerintah daerah memberikan fasilitas untuk menunjang salah keindahan kota ini... impian saya... dibangunnya satu teather terbuka tepat di tepi pantai teluk manado dengan desain arsitek elegan (bukan asal2an) sehingga ini bisa jadi pusat hiburan dan spot fotografi untuk wisatawan yang datang... kira-kira konsepnya mirip Marina Bay Singapore walaupun tidak semegah itu setidaknya ada icon kota yang menjadi daya tarik.

Ada Tips bagi yg ingin foto sunset di sekitar teluk Manado, 
Spot terbaik...
November - April --> Marina Plaza, Blue Banter, MegaMas, Mantos (biasanya saya sebut ini North Pole, karena posisi matahari agak ke selatan)
Mei - Oktober --> Tasik Ria, Kalasey, Malalayang, Bahu Mall
(biasanya saya sebut ini South Pole, karena posisi matahari agak ke utara)

Gallery foto Amazing Sunset lainnya bisa dilihat disini:
http://www.facebook.com/stievenk.photography
Jangan lupa untuk LIKE / MENYUKAI fan pagenya....
semakin banyak dukungan... semakin menyemangati kami untuk terus berkarya

Komentar