Halaman Facebook bagi yang sudah meninggal

Seringkali kita ditemukan pada fitur "Friends Suggestion" (Teman yang disarankan), People You Know (Orang yang mungkin anda kenal) pada facebook ternyata adalah orang yang benar-benar kita kenal dan sudah meninggal. Atau mungkin halaman facebook dari orang tua, kakak/adik saudara, teman, kenalan kita yang sudah meninggal masih terpampang.

Facebook menyediakan halaman khusus untuk melaporakan bahwa pemilik akun itu sudah meninggal yang dapat diakses disini. Facebook menjadikan profil almarhum menjadi halaman kenangan, atau pihak keluarga yang terverifikasi dapat meminta Facebook untuk menghapus akun tersebut.

Apabila sebuah akun dijadikan kenangan, hanya teman yang dikonfirmasi yang dapat melihat profil atau menemukannya dalam fitur pencarian. Profil berbentuk kronologi (timeline) juga tidak lagi muncul di bagian saran di halaman beranda Facebook. Teman dan keluarga dapat mengirim sesuatu sebagai kenangan, misalnya ucapan selamat jalan, atau pengalaman berkesan bersama almarhum.

Facebook berjanji tetap menjaga privasi akun pengguna yang meninggal dunia, sehingga tidak dapat memberikan informasi login ke akun mendiang kepada siapa pun. Jika dijadikan kenangan, akun ini sepenuhnya aman dan tidak dapat diakses atau diubah oleh siapa pun.

Komentar