Linux Live TNux-SX base on Slackware 12.0

Sejak 2 hari yang lalu (11/Sep/2008) iseng-iseng riset (biar lebih keren..) Linux Live CD/DVD/USB. Dari hasil surfing banyak artikel linux live. Tapi dari semua Linux Live saya tertarik dengan Slax. Mungkin karena slax ini turunan dari Slackware, dimana untuk distro ini saya sudah familiar. Syukurlah kurang lebih 2-3 tahun banyak ilmu yang saya belajar dari rekan-rekan di KawanuaNet (eks ManguniNet). So thanks for Rumy T., Iwan K. and Sharren K. Saya banyak belajar tentang Dasar-dasar linux, khususnya Distro Slackware. Trus kenapa slackware ?? tanya om WiKi yuk http://en.wikipedia.org/wiki/Slackware. Hari ini sudah yang ke - 3 kalinya simulasi Linux Live yang saya namakan TNUX SX. TNUX SX singkatan Tarsius Linux dan kode SX dimana S diambil dari kata Slackware (12.0) dan X dari kata SLAX. Slackware karena memang di TNUX itu slackware dan SLAX sebagai inspiratornya. TNUX SX seperti yang sudah saya katakan tadi adalah Linux Slackware 12.0. Kenapa? karena Live CD nya hasil compile dari Slackware 12.0 hanya saja saya buat lebih minimalis untuk kebutuhan tertentu. Ya... tentu nya untuk kebutuhan saya sebagai pendukung Project TNUX Framework. Belakangan ini saya kesulitan dengan project TNUX Framework, karena adanya aturan-aturan dari perusahaan yang mensponsor project ini. Membuat TNUX FW (Framework) ini sangat sulit dibuat compatibelitasnya untuk beberapa jenis OS. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat Custom OS barbasis OpenSource, tentu saja saya memilih Linux dan lebih khusus lagi saya memilih Distro Favorit saya Slackware. Dan akhirnya dipilihlah TNUX SX untuk jadi OS agar TNUX FW bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Rencananya akan di release 2 versi, yaitu untuk SOHO Desktop & Server. SOHO Version :
  • KDE (slackware bundle) Desktop
  • KOffice (slackware bundle)
  • KTorrent
  • Mozilla FireFox 2
  • Cups
  • Samba
Server Version :
  • HTTPD (Apache 2)
  • PHP 5
  • Zend Optimizer 3
  • MySQL 5
  • Perl
  • Gammu 1.19
  • Rtorrent
  • proFTPD
  • Sendmail
Mudah-mudahan project ini bisa berjalan lancar. Oh ya, ada yang mau ikut bergabung ??? silahkan hubungi saya via YM! (kirim pesan offline jika saya tidak online). Lumayanlah untuk tambah-tambah isi dompet. Yang jelas ini bukan project gratis.... jadi yang ingin bergabung silahkan... cuma jadi catatan... yang ingin gabung akan di seleksi oleh perusahaan sponsor... OK... di tunggu ya... waktu dan tempatnya terbatas :)

Komentar