Press Release: PF-PPWI Sulawesi Utara

Salam Hangat,

Kita semua merupakan seorang Citizen. Warga Dunia. Yang mempunyai kedudukan yang sama dalam hak dasar. Deklarasi Human Right PBB mengakui itu.Termasuk hak dalam mengakses dan menyampaikan informasi. Gerakan "Citizen Journalism" merupakan ejawantah dari semangat itu.

Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk mengakomodir semangat Citizen Journalism di Indonesia.
Dan kini setelah melewati setahun diskusi, pertimbangan, pemikiran, urung rembuk, empat orang dengan pikiran dan semangat yang sama (Andreas ETD, Stenly Mamengko, Edwin Doni Ngangi, Ronny Buol) mengembangkan semangat Citizen Journalism itu ke hal yang lebih spesifik, "Citizen Photographer Journalist"


Beberapa hari belakangan ini seluruh Dewan Pengurus PF-PPWI   sedang terkonsentrasi di secretariat dalam aktifitas persiapan Agenda Pameran 12 Days Exploratory Photo Expedition 24-25 Februari 2012.  Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan bertajuk sama yang telah dilaksanakan pada tanggal 11- 23 November 2011.

Ribuan Foto dari 40 peserta yang terkumpul selama perjalanan 12 hari yang menegangkan sekaligus menantang di lokasi2 yang belum pernah dijamah Fotografer manapun telah berhasil diseleksi secara ketat oleh Kurator dari Tim WCS/PNPM-LMP dan Para Pengurus PF-PPWI. Proses seleksi ini dilakukan secara serius dimana semua foto dari seluruh peserta di “rename” dan di urutkan secara bersilang pada masing2 lokasi, sehingga menghindari penilaian foto secara subjektif. Cukup melelahkan karena proses seleksi dilakukan semenjak bulan  Januari  dan berakhir kemaren setelah 129 foto eksplorasi dan 21 foto dari Hunting I, II dan III terpilih naik cetak di Studio Aneka Warna- Manado.
Nama-nama Peserta dan nomor file fotonya akan diumumkan dalam waktu dekat    sehubungan dengan pemberian kesempatan kepada pemilik foto untuk memberikan judul dan caption sehingga foto2 yang tampil dapat lebih bercerita sesuai dengan pesan cerita yang ingin disampaikan oleh masing2 fotografer.yang akan dicantumkan pada saat pameran nanti.

Dalam Pameran Foto ini, selain Penganugrahan Fotografer Terbaik  juga terdapat beberapa rangkaian acara seperti launching CIMO (Conservation Information Mobile) WCS-IP/PNPM yang akan didukung penuh oleh PF-PPWI,  Penandatangan MoU beberapa kegiatan WCS-IP dan PF-PPWI, dan beberapa acara menarik lainnya yang diyakini mampu menghibur dan semakin menambah kedekatan PF-PPWI dan masyarakat.

Selanjutnya, pada Tanggal 03 Maret 2012 PF-PPWI akan melaksanakan Workshop Foto Jurnalistik Pertama  dengan tema “Essay Fotografer terhadap Lingkungan Lestari”.

Semoga usaha-usaha yang dilakukan oleh Dewan Pengurus Pewarta Foto-PPWI ini semakin menjadikan kita semua pencinta foto dapat lebih menceritakan dan membagikan informasi dalam kerangka jurnalistik dengan citarasa seni melukis cahaya yang kompak.

Dewan Pengurus Pewarta Foto-PPWI
Ketua,
Andreas T. E. Danie

Komentar