Melindungi Facebook dari Tindak Kejahatan

Belakangan ini banyak pengguna facebook menjadi korban tindak kejahatan dalam berbagai bentuk, mulai dari akun dicuri, penipuan bahkan sampai pemerkosaan. Banyak pihak yang menyalahkan Facebook bahkan beberapa kelompok memblokir akses internet mereka untuk akses ke facebook. Saya pribadi tidak sepenuhnya menyalahkan facebook, seharusnya kita pengguna yang lebih bisa mengontrolnya. Layaknya kalau kita kena sakit demam berdarah apa nyamuknya yang harus kita salahkan? atau tempat tinggal rumah kita yang kita salahkan karena banyak nyamuknya?. Saat ini facebook sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk melindungi informasi dan akun kita, hanya saja masih banyak yang tidak memanfaatkannya dengan baik dan benar. Berikut beberapa cara para pelaku kejahatan membobol akun facebook yang dikutip dari http://teknologi.vivanews.com :
Pertama, pembobolan dengan cara recovery password. Modus ini dilakukan dengan melakukan recovery terhadap password seseorang.
"Kelemahan akun di Indonesia karena kebanyakan gratis securitynya jadi lemah. Ini ditambah kecerobohan kita dalam membuat security question yang mudah ditebak orang," kata Ruby Alamsyah, Pakar Informasi dan Teknologi kepada VIVAnews saat dihubungi melalui telepon.
"Seperti misalnya nama anak kita siapa, suami kita siapa. Selain itu, kita juga sering menaruh quote-quote pribadi kita dalam sebuah akun seperti facebook, blog atau yang lainnya. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor mudahnya akun kita dibobol oleh seseorang,"
Kedua, Phising. Modus ini dilakukan melalui penyediaan link palsu. Biasanya penyedia melakukan olah wacana yang bertujuan untuk menarik minat pengguna akun yang lain untuk mengunjungi link tersebut.
“Begitu kita 'tertipu' masuk ke link ini, seluruh data kita termasuk password dapat dengan mudah terbaca. Modus yang kedua ini presentasenya memang lebih sedikit dari pada modus yang pertama,” ucap Ruby.
Ketiga, Keylogger. Kebanyakan melalui soft ware. Modus ini lebih banyak dilakukan melalui email atau komputer di tempat publik.
Keempat, Sniffer. Menurut Ruby, modus ini dilakukan melalui penyadapan jaringan atau sinyal internet yang lewat. Namun presentasi dari modus keempat ini sangat sedikit di Indonesia
Dari cara-cara pembobolan sebuah akun (misalnya) facebook, beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Saat mendaftar sebuah akun (terutama yang layanan gratisan) seperti facebook, masukkan password yang mudah di ingat tapi tidak mudah di tebak. Jangan membuat password yang berkaitan langsung dengan anda seperti tanggal lahir, nomor telepon, nomor rumah, nama suami/istri atau anak.
  2. Jangan membuat security question yang mudah di tebak seperti nama ibu kandung, ayah kandung. Buatlah Security Question bahkan suami/istri anda tidak bisa menebak :D
  3. Jangan tampilkan informasi anda untuk konsumsi publik (everyone), batasi informasi anda untuk beberapa orang saja yang di anggap perlu
  4. Aturlah settingan akun anda secara "Custom" jangan terbiasa dengan settingan default dari layanan yang anda gunakan.
  5. Jangan menerima teman yang tidak benar-benar anda kenal, jika memang ingin mencari teman baru perikslah informasinya terlebih dahulu. Tanyalah dari orang yang sudah mengenalnya atau kirim "Personal Message" terlebih dulu. Jangan terburu-buru menerima (Accept / Aprove) permintaan pertemanan
  6. Ignore/Blok atau bahkan Remove/Delete teman yang terlihat mengganggu atau curiga akan menimbulkan masalah.
  7. Jangan terbujuk dengan tawaran-tawaran yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya, jangan terburu-buru membuka link yang diberikan apa lagi alamat situsnya tidak jelas.
  8. Hati-hati dengan pesan yang mengatas namakan admin / pemilik layanan. Karena Admin atau pemilik layanan kalau ada pemberitahuan akan di beritahukan secara publik tidak kepada pribadi.
  9. Jangan memberi password kepada siapapun SEKALIPUN itu Admin atau Pemilik Situs Layanan.
Kini facebook telah menyediakan layanan dan tampilan yang lebih user-friendly untuk mengatur keamanan privasi. Bisa di akses lewat URL : http://www.facebook.com/settings/?tab=privacy atau klik padaMenu ACCOUNT > Privacy Settings.
Dari halaman ini kita mengatur diantaranya :
  • Basic Directory Information Bagian ini untuk mengatur siapa saja yang bisa: mencari anda lewat fitur Search, meminta pertemanan, kirim pesan, melihat daftar teman anda, melihat informasi pendidikan dan pekerjaan anda, alamat tempat tinggal anda dan halaman yang anda tertarik. Untuk mengaksesnya klik view settings atau lewat URL ini : http://www.facebook.com/settings/?tab=privacy&section=basic
  • Sharing on Facebook Bagian ini untuk mengatur sharing dari anda dan teman, anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses photo, status, comment, email dan posting-posting dari teman-teman. Untuk bagian ini facebook menyediakan template Everyone, Friends of Friends, Friends Only, Recommended dan Custom. Sangat tidak disarankan memilih Everyone. Jika anda tidak mau repot pilih saja Recommended. Tapi kalau mau lebih aman ada baiknya memilih Custom dan aturlah akses sesuai dengan kebutuhan. Klik Custom > Custom Settings
  • Application and Websites Bagian ini untuk mengatur aplikasi dan website di facebook yang anda gunakan
  • Blok Lists Bagian ini untuk memblok orang yang dianggap tidak boleh mengakses halaman anda bahkan dengan memblok orang yang di maksud tidak bisa meminta pertemanan dan mengirim pesan.

Komentar