Sunset journey at the end of year - Part 02

Sebelumnya: Sunset journey at the end of year - part 01

Kali ini "Sunset Journey" dilanjut dengan seri yang spesial, moment sunset di abadikan 3 hari berturut-turut dengan lokasi berbeda. Dimulai pada tanggal 17 Desember 2011, hari itu saya harus mendokumentasi acara wisuda salah satu mahasiswa Universitas Klabat Fakultas Ekonomi Akuntansi, pukul 15:00 acara baru dimulai, saya tahu tidak akan sempat mengabadikan sunset di teluk manado, akhirnya saya mengabadikan sunset di lokasi yang jaraknya kurang lebih 30km dari teluk manado, di Airmadidi tepat di Universitas Klabat.



Universtas Klabat, Sulawesi Utara

Keesokan harinya 18 Desember 2011, saya masih melanjutkan dokumentasi acara wisuda dan hari itu adalah puncak dari acara tersebut. Pukul 07:00 saya sudah berangkat di temani istri untuk membantu mendokumentasi. Dan hari itu adalah hari yang penuh mujizat, acara wisuda selesai pada pukul 01:00 dan setelah selesai berfoto-foto sekitar pukul 02:00 kami kembali ke Manado, dan ketika perjalanan baru sampai di Maumbi, saya teringat salah satu kamera tertinggal di lokasi, kami langsung kembali Airmadidi tapi kamera sudah tidak ditempatnya, setelah bertanya-tanya dan mengumpulkan informasi akhirnya 3 jam kemudian kami bertemu orang yang menemukan kamera saya yang tertinggal (mujizat Tuhan yang bekerja), selanjutnya setelah kamera dikembalikan langsung saya kembali ke Manado, pukul 17:15 saat berada di Paal 2 saya melihat langit begitu dasyat, sayangnya kondisi jalan sangat macet jadi saya cuma bisa mengambil gambar dari mobil karena saya yakin saya tidak akan sempat sampai ke teluk manado.

Dengan menggunakan kamera Nikon D90 setelah dikembalikan karena tertinggal.
50 menit kemudian saya tiba di lokasi teluk manado dan spot terpilih adalah Manado Town Square 2, walaupun hanya moment "Blue Hour" yang bisa abadikan, dengan menanfaatkan batu yang ada di tepi pantai sebagai pengganti tripod, saya mengabadikan sunset teluk manado untuk tanggal 18 desember 2011


Tanggal 19 Desember 2011, sunsetnya sangat menakjubkan, saya bisa meilihat warna-warni yang luar biasa. Spot yang saya pilih untuk hari itu adalah Megamas Trade Center (MTC). Pukul 17:30 saya tiba dilokasi bersama dengan istri tercinta. Langsung saya menyiapkan tripod, kali ini saya hanya membawa gear seadanya Canon 1000D kesayangan ditambah lensa EF-S 18-55mm IS f/3,5 - 5,6. Dengan konsep panorama saya lebih senang menggunakan lensa ini, sayangnya karena terburu-buru mengejar momen seharusnya focal-length diset ke 24mm tidak saya perhatikan lagi focal length saat itu ada di 18mm, hasilnya... distorsi.


Tips untuk memotret landscape apabila anda menggunakan tripod, pastikan mematikan vitur IS/VR pada lensa. Setelah mendapatkan focus baik lewat auto-focus atau manual, setting focus lensa ke manual sebelum shutter di tekan. Trik ini untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam.

Mendekati "Magic Hour" dengan modifikasi Kelvin WB warna akan terlihat menakjubkan.
Maaf di caption Foto tertera 17th seharusnya 19th
Seperti hari-hari sebelumnya, walau tidak banyak di teluk manado masih ada orang yang menikmati keindahan matahari terbenam. Dan sunset hari ini sangat menakubkan, setiap 15 menitnya warna langit berubah-ubah dengan tekstur awan juga yang unik.

"Magic Hour" ini moment yang saya tunggu, warna pink di langit akan kelihatan pada saat  fase "Magic Hour" gradasi warna di fase ini sangat menakjubkan.
Inilah foto favorit saya di Sunset Journey seri 19 Desember 2011.
Maaf di caption Foto tertera 17th seharusnya 19th
Tetap bersama kami untuk "Sunset Journey" berikutnya.


Album Sunset Journey at end of the year klik disini

Komentar